Bersendawa

Bersendawa – Bersendawa atau dalam bahasa keseharian disebut bertahak merupakan salah satu tindakan yang sering dilakukan oleh siapa saja selepas minum atau makan. Bersendawa merupakan salah satu tindakan yang mengeluarkan gas dari perut melalui mulut. Penyebab umum bersendawa adalah perut yang menggelembung yang disebabkan oleh udara yang tertelan dan tertekan di dalam perut. Udara yang tertahan di dalam jika tidak dikeluarkan akan mengakibatkan perut kembung.

Namun biasanya perut kembung disebabkan karena kekenyangan selepas mengkonsumsi makanan dan minuman atau yang disebabkan oleh gejala masuk angin. Perut kembung juga diakibatkan oleh banyak hal ada yang disebabkan oleh gas dalam lambung yang berlebihan, yang mengakibatkan penggerakan laju saluran pencernaan menjadi lebih lambat sehingga menghambat proses penceranaan makanan dan perut terasa kembung. Perut kembung juga menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit maag dan asam lambung. Perut kembung membuat perasaan tidak enak, tidak nyaman, perut akan terasa mual ingin muntah.

skema-perut

 

Gejala-gejala perut kembung :

Flatulensi atau perut kembung biasanya menyebabkan nyeri pada perut, sering bersendawa, perut terasa mual ingin muntah dan sering kentut. Namun ada beberapa orang yang peka terhadap pengaruh gas dalam saluran pencernaan dan sebagian lainnya ada yang bisa mengendalikan sejumlah besar gas tanpa menimbulkan gejala-gejala seperti diatas.

Perut kembung yang disebabkan karena adanya udara yang tertahan dan perut terasa tertekan, sering kali membuat perut ingin mengeluarkan gas-gas yang ada di dalam perut setidaknya untuk meringankan jumlah udara yang tertahan dalam perut.

Berikut adapula gas-gas lain yang juga dihasilkan di dalam saluran pencernaan, diantaranya :

1. Hidrogen, metan dan karbondioksida yang berasal dari berbagai sumber makanan yang menimbulkan bakteri dalam usus, terutama setelah mengkonsumsi jenis makanan tertentu seperti kacang dan kubis atau kol.

2. kekurangan enzim pemecah gula tertentu, juga cenderung menghasilkan gas jika mengkonsumsi jenis makanan atau minuman yang banyak mengandung gula

3. kekurangan laktase, yang menyebabkan sariawan tropikal dan insufisiensi pankreas yang dapat mengakibatkan produksi gas berlebih di dalam tubuh.

Dengan berbagai macam gas yang terkandung di dalam perut, tubuh akan mengeluarkan gas melalui :

– Sendawa

– Penyerapan gas melalui dinding saluran pencernaan yang masuk ke dalam darah dan dikeluarkan melalui paru-paru

– Keluar melalui anus yang disebut kentut

– Bakteri-bakteri pada saluran pencernaan juga dapat menyebabkan penimbunan gas

Jika perut terasa mengandung udara berlebih tubuh akan terasa kembung dan dapat mengeluarkan gasa atau angin dari anus yang disebut kentut atau bersendawa hingga beberapa kali. Biasanya ketika sudah bersendawa atau kentut perut akan terasa lebih baik.

Bersendawa


=====================================

>>> Cara Mengobati Perut Kembung dan Mengatasi Penyebab Perut Kembung Dengan Baik dan Secara Herbal, Alami, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Perut kembung and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *