Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung merupakan reaksi angin. Apabila anda makan, minum, dan menelan bersama air liur, sering kali badan bertindak mengeluarkan angin terlalu over. Perut kembung tidak seharusnya mengeluarkan bunyi. Bunyi ini yang dikenal sendawa. Bunyi sendawa sering kali membuat malu. Perut kembung dialami oleh semua usia. Dan kebanyakan manusia melepaskan gas setiap harinya sebanyak 15-40 kali sehari. Mengatasi perut kembung dengan cara sederhana adalah mengolesi perut dengan minyak kayu putih. 

Berikut tanda-tanda berhubungan dengan perut kembung, antara lain :

1. Sendawa
Bunyi yang disebabkan oleh gas yang dilepaskan melalui mulut secara tiba-tiba. Keadaan ini berlaku apabila perut dipenuhi dengan angin perut terlalu over.

2. Perut Meragam
Apabila perut merespon dengan cepat, ini menyebabkan isi perut bergerak ke depan dan ke belakang.
Kebiasaannya berlaku apabila perut anda lapar atau berdebar-debar.

Berikut cara mengatasi perut kembung, antara lain adalah :

1. Cobalah untuk menghindari jenis makanan yang sering membuat perut kita kembung seperti kol, apricot, pisang, bawang merah, brokoli, lobak merah pedas, plum dan produk jusnya, makanan pedas, soda, bir dan minuman karbonasi lainnya, hingga es krim dan es soda susu.

2. Batasi makanan berlemak dan goreng-gorengan. Seringkali, keluhan perut kembung akibat makan-makanan berlemak. Karena lemak menghambat penggosongan perut dan meningkatkan sensasi rasa kenyang.

3. Secara perlahan, batasi makanan berserat tinggi. Jika anda mengkonsumsi suplemen serat, cobalah kurangi jumlahnya dan naikkan dosisnya secara bertahap. Cukup minum 10 gelas per hari jika anda mengkonsumsi suplemen serat.

4. Konsumsilah produk susu yang rendah yan memiliki kandungan laktosa, seperti yoghurt.

5. Jika makan kunyah makanan perlahan-lahan dan telan makanan apabila makanan tersebut telah benar-benar hancur. Karena menelan makanan terlalu cepat udara yang tertahan dan tersekat di dalam usus akan membentuk gas yang menyebabkan perut terasa kembung. Makanan yang tidak di kunyah dengan sempurna akan sulit untuk dicerna sehingga dapat menyebabkan perut membuncit dan kemudian akan mengeluarkan gas yang berasal dari dalam perut.

6. Kurangi garam karena akan menyebabkan berlakunya pertambahan sodium dalam badan. Dan juga melambatkan mekanisme dan memaksa air keluar dari sel badan anda dan menyebabkan perut kembung.

Untuk mencegah kembung, hindari berbicara ketika makan dan kunyah makanan dengan mulut tertutup agar udara tidak tertelan. Hindari pula makanan yang banyak mengandung gas, seperti kol, sawi, nangka, durian, dan minuman bersoda. 


=====================================

>>> Cara Mengobati Perut Kembung dan Mengatasi Penyebab Perut Kembung Dengan Nutrisi Gandum Talbinah, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Mengatasi Perut Kembung and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>