Penyebab Perut Kembung

Penyebab perut kembung adalah kuman yang masuk bersama makanan ke lambung (perut). Kebetulan keberadaan kuman itu merangsang selaput lendir lambung.

Apalagi sedang ada radang pada selaput lendir tadi, sehingga penderita merasa sakit yang kadang-kadang sangat hebat.
Tetapi ada juga beberapa penyakit infeksi lain yang mengenai saluran pencernaan, seperti penyakit thypus radang akut kelenjar pankreas, atau disentri usus infeksi yang berasal dari luar saluran pencernaan yang dapat menyebabkan perut terasa kembung.

Kadang-kadang udara yang ada didalam saluran pencernaan dapat pula timbul sebagai akibat sumbatan yang terjadi pada usus halus. Sumbatan itu terjadi sebagai akibat dari usus yang terpilin (membelit) seperti masuknya usus ke dalam usus lainnya atau ada tumor baru yang muncul disekitar itu. Ia bisa pula disebabkan oleh adanya bekuan darah dalam pembuluh darah didalam jaringan penunjang yang terlepas dari tempatnya.

Akibatnya aliran darah akan tertahan pula darah tertentu yang dapat mengkibatkan timbulnya sumbatan. Kuman-kuman dapat masuk ke rongga perut melalui lubang pada dinding usus. Lubang usus ini dapat terjadi pada peradangan usus, tukak lambung, atau luka tusuk dinding perut. Pada wanita dapat terjadi sebagai akibat sampingan kehamilan diluar rahim atau radang tabung rahim dan radang indung telur.

Masalah perut kembung dapat diatasi dengan makan sedikit-sedikit, namun periodik. Banyak makan ringan yang bahkan dikenal sebagai penghasil gas (kacang, sayuran mentah), justru bisa terbuang dari sistem tubuh secara cepat dan mudah. Bagi anda yang bermasalah dengan gas perut, anda harus mengurangi makanan yang banyak mengandung gas seperti kol dan brokoli. Demikian juga kalau anda sensitif terhadap makanan-makanan yang pedas.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang proses pengolahannya bersih dan disajikan dengan wadah yang bersih juga. Kurangi minum-minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Hindari obat pencahar. Sekalipun anda mengalami susah buang air besar, cobalah untuk menghindari penggunaan obat pencahar karena bisa menyebabkan diare. Perbanyak minum air putih. Minum air putih sekurang-kurangnya delapan gelas sehari akan membantu proses pencernaan dalam tubuh anda. Supaya tidak menjadi penyebab peut kembung, makanlah camilan kecil seperti cracker atau roti untuk menyerap asam lambung yang mengganggu perut anda hingga sakit.


=====================================

>>> Cara Mengobati Perut Kembung dan Mengatasi Penyebab Perut Kembung Dengan Nutrisi Gandum Talbinah, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Perut kembung and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>