Perut kembung

Perut kembung merupakan meningkatnya jumlah gas dalam saluran pencernaan. Kondisi perut kembung terkadang membuat tidak nyaman dengan keadaan perut kembung, apalagi sampai ditambah dengan nyeri lambung. Perut kembung membuat kita ingin muntah akan tetapi tidak bisa dimuntahkan , nafsu makan kita menjadi hilang dan sering bersendawa.

Biarpun telah terganggu dengan perut kembung tapi banyak yang tidak menghiraukan penyakit perut kembung dan membuat perut kembung terkadang menjadi parah dan bisa menyebabkan kita terkena penyakit maag, tipes, liver, empedu, atau pankreas.
Perut Kembung adalah meningkatnya jumlah gas dalam saluran pencernaan.

Berikut gejala-gejala perut kembung, antara lain adalah :

  1. Gejala Perut kembung biasanya menyebabkan nyeri perut, kembung, sendawa dan banyak mengeluarkan angin (kentut).
  2. Beberapa sebagian orang tampak memerhatikan terhadap pengaruh gas dalam saluran pencernaan, sedangkan yang lainnyya bisa mentolerir sejumlah besar gas tanpa menimbulkan gejala-gejala.
  3. Perut kembung bisa menyebabkan sendawa yang berulang-ulang. Bila dalam keadaan normal, pengeluaran gas melalui anus terjadi lebih dari 10 kali dalam sehari, pada perut kembung pengeluaran gas lebih sering terjadi.
  4. Apabila bayi kram perut kadang-kadang mengeluarkann gas dalam jumlah yang terlalu over.

Berikut penyebab terjadinya perut kembung adalah :

Udara merupakan gas yang bisa tertelan bersama makanan. Menelan sedikit udara adalah normal, tetapi secara tidak sadar, beberapa orang menelan udara dalam jumlah banyak, terutama bila terjadi kecemasan. Sebagian besar udara yang masuk kemudian dikeluarkan lagi melalui sendawa. Sehingga hanya sebagian kecil saja yang melewati lambung menuju ke saluran pencernaan berikutnya. Masuknya sejumlah besar udara menyebabkan seseorang merasa ppenuh dan orang tersebut akan bersendawa atau mengeluarkannya melalui anus (kentut).

Gas gas lain yang dihasilkan di dalam saluran pencernaan, adalah :

  • Hidrogen, metan, karbondioksida yaitu berasal dari metabolisme makanan oleh bakteri dalam usus, terutama setelah makan-makanan tertentu seperti kacang, kol
  • Kekurangan enzim gula tertentu, juga cenderung menghasilkan gas jika penderita mengkonsumsi makanan yang memilki kandungan gula tersebut.
  • Kekurangan laktase, sariawan tropikal dan insufisiensi pankreas juga bisa menyebabkan produksi gas yang terlalu over.

Tubuh akan mengeluarkan gas tersebut melalui ;

  • Sendawa
  • Penyerapan gas melalui dinding saluran pencernaan juga ikut memetabolisme beberapa gas.
  • Anus (pengeluaran gas/kentut) baktei-bakteri pada saluran pencernaan juga ikut metabolisme beberapa gas.

=====================================

>>> Cara Mengobati Perut Kembung dan Mengatasi Penyebab Perut Kembung Dengan Nutrisi Gandum Talbinah, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Perut kembung and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>